Rabu, 14 Juli 2010

PENDAPAT TENTANG JURUSAN TP

PENDAPAT TENTANG JURUSAN TP

A. Pendapat lulusan TP

Banyak pendapat tentang masa depan lulusan TP diantaranya datang dari alumni lulusan IKIP Jakarta ( pendapat ini kami mengambil pokok-pokoknya saja )

  1. Taufan astiadi Atmaja :

Lulusan TP memang sangat menjanjikan masa depan yang lebih pasti ,karena TP adalah dapat dan mampu membentuk guru dan generasi yang lebih siap pakai dibandingkan jurusan lain. Jika TP disiapkan sebagai seorang guru maka dia akan lebih menjadi guru yang siap mengembangkan segala bentuk inovasi didalam model pengajaran dan pembelajarannya dalam kelas.

  1. Adnan Hariadi :

Pengalaman membuktikan bahwa lulusan TP adalah betul-betul sangat dinanti oleh masyarakat pendidikan umumnya,karena lulusan TP sudah terbukti unggul dalam hal pengelolaan administrasi sampai dengan cara pola pengajarannya.

  1. Jeprianto :

Kita tidak boleh merasa bangga sebagai alumni TP yang telah banyak diberikan pengetahuan dan pengajaran berkisar teknologi pengajaran atau pun teknologi yang menggunakan teknologi masa kini ( komputer ),ini semua kami rasakan mamfaatnya setelah sekarang ini saya bekerja disebuah instansi pendidikan yang mengandalkan pelaporannya dengan menggunakan teknologi komputer.

  1. Mohandas Bages :

Apapun kata orang jangan pernah ragu untuk memilih jurusan TP,karena jurusan TP merupakan karakter generasi yang diinginkan bangsa untuk zaman globalisasi seperti sekarang ini. Dan itu terbukti,yakni saya sendiri yang telah mampu berkarir dan memperkerjakan banyak orang sebagai karyawan ,mulai dari yang bertitel sampai yang tak bertitel.

B. Pendapat saya tentang lulusan TP

§ Kalau pendapat saya tentang jurusan TP

Saya optimis bahwa masa depan jurusan TP akan menjadi incaran oleh guru-guru yang ingin mengejar predikat sertifikasi sebagai seorang guru yang profesional. Hal ini disebabkan karena tahun –tahun mendatang guru harus melek teknologi. Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak dari rekan guru utamanya guru SD yang masih gagap teknologi atau sama sekali tak pernah menyentuh dan berhubungan langsung dengan teknologi modern terutama komputer. Oleh karenanya saya sedikit optimis bahwa masa depan jurusan TP kelak akan menjadi primadona guru-guru untuk mengejar ketertinggalannya dengan arus globalisasi.

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN JURUSAN TP

  1. KELEBIHAN JURUSAN TP

v Pada Jenjang S1 :
1. Memahami landasan teori/riset dan aplikasi teknologi pendidikan.
2. Merancang pola instruksional sederhana.
3. Memproduksi media pendidikan
4. Mengevaluasi program dan produk instruksional
5. Mengelola media dan sarana belajar
6. Memanfaatkan media dan teknik insruksional
7. Menyebarkan informasi dan produk teknologi pendidikan
8. Mengelola lembaga sumber belajar

v Pada jenjang S2 :

1. Menerapkan pendekatan sistem dalam rangka pengembangan pembelajaran, baik pada tingkat mikro/kelas maupun dalam konteks pendidikan maupun latihan.

2. Merencanakan kurikulum, pemilihan strategi pembelajaran, serta penilaian pelaksanaannaya.

3. Merancang, memproduksi, dan menilai bahan-bahan pembelajaran

4. Mengelola sumber-sumber belajar.

5. Mengoperasikan sendiri dan melatih orang lain dalam megoperasikan peralatan audiovisual, serta dalam menggunakan dan memproduksi sumber-sumber belajar

v Pada Jenjang S3 :

1. Mampu mengkaji dan menganalisis teori/konsep dan temuan penelitian di bidang pembelajaran dan meramunya menjadi suatu teori/konsep pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik budaya Indonesia.

2. Mampu mengidentifikasikan dan mengembangkan variabel pembelajaran serta kerterkaitannya untuk keperluan pengembangan teori/konsep pembelajaran.

3. Mampu melaksanakan penelitian untuk menguji teori/konsep pembelajaran, baik yang dikembangkannya sendiri maupun yang dikembangkan oleh peneliti dan pengembangan pembelajaran lain.
Pendidikan keahlian ini secara umum ditujukan untuk menghasilkan tenaga profesi teknologi pendidikan. Profesi ini bergerak dan berkarya dalam keseluruhan bidang pendidikan, dan mengusahakan terciptanya keseimbangan dan keselarasan hubungan dengan profesi lain, untuk terwujudnya gagasan dasar perkembangan kepribadian yang maksimal.

B. KEKURANGAN JURUSAN TP

Tidak semua lulusan TP mampu memenuhi keinginan masyarakat. Kejadian dilapangan membuktikan bahwa lulusan TP :

  1. Ketidakmampuan mendesain dan mengembangkan sumber
  2. Kurang mampu dalam pembelajaran yang bersifat Prkatek pemanfaatan dan penilaian proses
  3. ketidak mengertian arti Praktek pengelola sumber dan proses
  4. Ketidakmampuan menyebarkan konsep dan aplikasi teknologi pendidikan, terutama untuk mengatasi masalah belajar di mana saja.
  5. Tidak mampu merancang program dan sisitem instruksional.
  6. Tidak mampuMemproduksi media pendidikan.
  7. Ketidakmampuan memilih dan memanfaatkan berbagai sumber belajar.
  8. Ketidakmampuan mengelola kegiatan belajar dan instruksional yang inovatif.
  9. Ketidakmampuan menilai produk, program dan sistem insruksional.
  10. Kurang mampu memperhatikan perkembangan teknologi dan dampaknya dalam pendidikan.
  11. Ketidakmampuan dalam mengelola organisasi dan personel yang melaksanakan
  12. Ketidakmampuan dalam melakukan Kegiatan pengembangan dan pemanfaatan teknologi pendidikan.
  13. Kurang mampu merencanakan, melaksanakan, dan menafsirkan penelitian dalam bidangnya dan dalam bidang lain yang berkaitan dengan teknologi pendidikan.
  14. Kurang memahami Pendiidkan dan pelatihan yang memadai
  15. Kurang adanya komitmen terhadap tugas profesionalnya
  16. Kurang adanya usaha untuk senatiasa mengembanagkan diri sesuai dengan kondisi lingkungan dan tuntutan zaman.
  17. Kurang adanya standar etik yang harus dipatuhi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar