Rabu, 14 Juli 2010

MANAJEMEN

ARTI,SARANA,DAN FUNGSI MANAJEMEN

A. ARTI MANAJEMAN

1. Menurut pengertian yang pertama, yaitu manajeman sebagai suatu proses, berbeda-beda defenisi yang diberikan oleh para ahli. Menurut pengertian yang pertama ini, kita kemukakan tiga buah definisi.

Ø Dalam Encylopedia of the Sosial dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanana suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi.

Ø Selanjutnya, HAIMAN mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan bersama.

Ø GEORGE R. TERRY mengtakan bahwa manajemen adalah pencapai tujuan yang ditetapkan terlebih dahulu dengan mempergunakan kegiatan orang lain.

2. Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen.

3. manajemen adalah sebagai seni dan ilmu berfungsi untuk mencapai tujuan yang nyata mendatangkan hasil atau manfaat, sedangkan manajemen sebagai ilmu berfungsi menerangkan fen, omena-fenomena (gejala-gejala), kejadian-kejadian,keadaan-keadaan , jadi memberikan penjelasan-penjelasan.

B. SARANA MANAJEMEN

Untuk mencapai tujuan yang di inginkan dalam manajemen, tidak lepas dari alat atau sarana yang mendukung. Sarana yang digunakan yaitu “Enam M

1) Men/manusia

Untuk melakukan berbagai aktivitas, yang pertama kita perulkan MANUSIA. Tanpa adanya manusia, manajer tidak akan mungkin mencapaitujuannya.

2) Money/uang

Sarana manajemen yang kedua adalah UANG (MONEY). untuk melakukan berbagai aktivitas diperlukan uang, seperti uapah atau gaji orang-orang yang membuat rencana, mengadakan pengawasan, bekerja dalam proses produksi, membeli bahan-bahan, peralatan-peralatan, dan lain sebagainya.

3) Materials

Dalam proses pelaksanaan kegiatan, manusia menggunakan bahan-bahan (MATERIALS), karena dianggap pula sebagai alat atau sarana manajemen untuk mencapai tujuan.

4) Machines/mesin

Demkian pula dalam proses pelaksanaan kegiatan, terlebih dalam kemajuan teknologi dewasa ini, manusia bukan lagi sebagai pembantu bagi MESIN seperti pada masa sebelum revolusi industri, malahan sebaliknya mesin telah berubah kedudukannya sebagai pembantu manusia guan tercapainya tujuan dalam manajemen tersebut.

5) Methods/cara dan

Untuk melakukan kegiatan-kegiatan secara berdaya guna dan berhasil, manusia dihadapakan kepada berbagai alternatip (METODE) atau cara melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, metode atau cara dianggap pula sebagai sarana atau alat manajemen untuk mencapai tujuan

6) Markets/pasar.

Bagi badan yang bergerak di bidang industri, maka sarana manajemen penting lainya adalah pasar (MARKETS). Tanpa adanya pasar bagi hasil produksi, jelas tujuan prusahaan indusri tidak mungkin akan tercapai.

C. FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN

Funggsi-fungsi manajemen dikemukakan oleh tiga belas penulis.Bila dikombinasikan pendapat ketiga belas penulis di atas, maka fungsi-fungsi manajemen adalah sebagai berikut:

a. Forecasting

Forecasting atau prevoyance (prancis) adalah kegiatan meramalakan, memproyeksiskan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagai kemingkinan yang akan terjadi sebelum suatu terencana yanglebih pasti dapat dilakukan. Misalnya, suatu akademi, meramalkan jumlah mahasiswa yang akan melamar belajar keakademi tersebut.

b. Planning tennasuk budgeting

Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai kepada perumusan yang lebih rumit. Ada yang merumuskan dengan sangat sederhana, misalnya perencanana adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang diinginkan.

c. Organizing

Dengan organizing dimaksut mengelompokkan kegiatan yang diperWkan, yakni penetapan susunan organisasi serta tugas dan fungsi-fungsi dari setiap unit yang ada dalam organisai,serta menetapkan kedudukan dan sipat hubungan antara masing-masing unit tersebut

d. Staffing atau Assembling Resourees

Staffing merupakan salah fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasi sejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberi daya guna maksimal kepada organisasi.

Organizing dan staffing merupakan dua fungsi manajemen yang sangat erat hubungannya. Organizing yaitu berupa penyusunan wadah pada suatu organisasi, sedangkan staffing berhubungan dengan penerapan orang-orang yang akan mengaku masing-masing jabatan yang ada di dalam organisasi tersebut.

e. Directing atau Commanding

Directing atau commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan,saran,perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksnakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksnakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telah ditetapkan semula

f. Leading

Istilah leading, yang merupakan salah satu fungsi manajemen, dikemukakan oleh Louis A. Allen yang dirumuskannya sebagai pekerjaan yang dilakukan oleh seorang manajer yang menyebabkan orang lain bertindak. Meliputi lima macam kegiatan yakni:

- mengambil keputusan

- mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan

- memberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak

- memilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuan dan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

g. Coordinating

Coordinating atau mengkoordinasi merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, perxecokan, kekosongan kegiatan, dengan jalan menghubungkan, menyatukan, dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja sama yang terarah dalam usaha mencapai tujuan organisasi.

h. Motivating

Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberian inspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara sukarela sesuai apa yang dikehendakai oleh atasan.

i. Controlling

Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemen yang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan korelasi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapt diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud tercapai tujuan yang sudah digariskan semula.

j. Reporting

Reporting atau pelaporan adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang berkaitan dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi, baik secara lisan maupun tertulis sehingga dalam penerimaan laporan dapat memperoleh gambaran bagaimana pelaksanaan tugas orang yang memberikan laporan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar